Senin, 13 April 2009

Salam Islam

Seorang lelaki bertanya kepada Nabi saw. "Bagaimanakah Islam yang baik itu ya Rosulullah?" Rasul menjawab, "Berilah makan kepada orang yang memerlukannya dan ucapkanlah salam baik kepada orang yang sudah kamu kenal maupun orang yang belum kamu kenal". (HR. Bukhari-Muslim).

Salam dalam Islam adalah "Assalaamu'alaikum," yang artinya "semoga kamu sekalian selamat". Ini adalah salam singkat, adapun yang lengkapnya adalah "Assalaamu 'alaikum warahmatullaahi wabarakatuh". Semoga kamu sekalian selamat dan semoga rahmat dan barokah Allah terlimpahkan kepada kamu sekalian. Salam ini dalam bentuk jamak, "kum" artinya kamu sekalian, tapi berlaku untuk tunggal dan jamak, artinya bisa diucapkan pada satu orang atau banyak orang. Bentuk jamak seperti ini merupakan bentuk penghormatan.

Salam dalam Islam merupakan do'a keselamatan dan kesejahteraan dunia dan akhirat, dan mempunyai kedudukan yang sangat penting, sehingga ia dikaitkan dengan proses keimanan dan merupakan tali pengikat silaturrahim. Sabda Rosulullah saw.:
"Demi Dzat yang jiwaku dalam genggaman-Nya, kamu sekalian tidak akan masuk surga, sehingga kalian beriman, kalian tidak akan beriman sampai kalian saling mencintai. Tidakkah telah aku tunjukkan sesuatu kepadamu yang apabila kalian lakukan, kalian akan saling mencintai, sebarkanlah salam di antara kalian".
(HR. Abu Dawud).

Sholat diakhiri dengan ucapan salam. Setelah kita mengadakan hubungan dengan Allaah, maka kita kembali mengadakan hubungan dengan manusia, diawali dengan mengucapkan salam kepada saudara seiman di sekitar kita.

Orang yang mendahului mengucapkan salam sunnah hukumnya, sedangkan menjawab salam adalah wajib hukumnya. Akan tetapi, orang yang mendahului mengucapkan salam itulah yang utama. Sabda Rosulullah saw.: "Sesungguhnya sebaik-baik manusia bagi Allah adalah yang mendahului yang lain dengan salam".
(HR. Abu Dawud). Menjawab salam hendaklah dengan jawaban salam yang lengkap. Hal ini ditegaskan Allah SWT dalam firman-Nya, "Apabila kamu dihormati dengan suatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan lebih baik atau balaslah dengan yang serupa".
(Q.S.An-Nisa:86)

Salam Islam merupakan do'a, penghormatan, tali pengikat silaturrahim, begitu dalam maknanya. Oleh karena itu, sebagai orang Islam, alangkah baiknya bila salam Islam kita pergunakan di mana saja pada setiap kesempatan dalam pergaulan sehari-hari, di rumah tangga, di lingkungan pemukiman, di masyarakat, di tempat kerja. Dan betapa indahnya bila setiap kita bertemu atau akan berpisah, kita bertegur sapa, saling mendo'akan, saling menghormati, mempererat silaturrahim dengan salam Islam "Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakatuh".






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar