Senin, 09 Februari 2009

Manfaat Blog Buat Aki-aki Goblog


Sobat bilang saya ini aki-aki goblog. Maksudnya aki-aki go-blog, he,he,he, suka ngeblog kaya orang muda. Tapi menurut saya, ngeblog bukan cuma mengasyikkan, tapi juga banyak manfaatnya buat manula seperti saya. Paling tidak, ya buat saya sendiri. Coba simak, ngeblog itu:

  • Menghindari kepikunan, karena otak kita dibuat aktif, berpikir, mengingat, menyusun kalimat menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan.
  • Menimbulkan gairah hidup, di samping kegiatan manula, nyapu, ngurus tanaman, baca, olahraga, ngobrol dsb. ada variasi kegiatan yang mengasyikkan, hidup tidak membosankan.
  • Menjalin silaturahmi, menambah kenalan, persaudaraan, dengan saling berkunjung , berbagi pengalaman sesama blogger.
  • Tambah ilmu. Dengan merkunjung ke blog orang lain, tentu saja kita bertambah ilmu.
  • Kalau tulisannya bermanfaat bagi orang lain dan digunakan sebagai amalan positif serta berkelanjutan sebagai ilmu yang bermanfaat, insyaallah menjadi pahala yang terus mengalir bila kita telah tiada. Sabda Rosulullah, "Jika anak Adam meninggal, maka amalannya terputus kecuali dari tiga perkara, 1) sedekah jariyah (wakaf), 2) ilmu yang bermanfaat dan 3) anak shaleh yang berdo'a kepadanya." (HR.Muslim)
  • Dari kesemuanya itu, insyaallah menjadikan kita berpikiran positif, sehat dan panjang usia.

Mungkin masih banyak lagi yang dapat Anda tambahkan. Tentu saja, segi negatifnya juga ada ialah suka lupa waktu.

Nah, bagaimana pendapat Anda?

4 komentar:

  1. Mengawali pembukaan Anda.
    Saya sedang berfikir untuk mengomentari sebuah buku yang ditulis seorang dosen (Moh. Andri dari Padang) mengajak para dosen nge-blog, dan jidul bukunya"Guru Go Blog". Kalau dibaca dangan lidah Indonesia dalam satu tarikan nafas akan menjadi: Guru goblog. Aya-aya wae. Bagaimana kalau kita usulkan agar judulnya diganti.

    BalasHapus
  2. Kalau judulnya diganti, jadi tidak menarik untuk dibaca.
    Sekedar info artikel yang menarik ini Ai tautkan ke Facebook di group FORUM SILATURAHMI KELUARGA ADIWIKARTA DAN ACMAD SAKRI.

    BalasHapus
  3. Iya, kalau dibaca cepat jadi guru goblog, atau bisa jadi kelakar yang enggak enak. Setuju saja kalau diganti mis. Guru bikin blog, dan memang sekarang bagusnya guru/dosen buat blog agar murid/mahasiswa dapat memperoleh bahan pelajaran/kuliah dengan menginjungi blog guru/dosennya. Dikoordinir oleh lembaganya. Jadi siswa/mahasiswa kalau klik lembaganya disana ada daftar alamat blog guru/dosen, mereka tinggal klik siapa yang mereka inginkan. Trims untuk kunjungannya.

    BalasHapus
  4. Tadina sih mau lihat Lembur kuring wungkul, tapi baca Aki-aki goblog jadi ketarik pengen baca. Bisa saja Aki Ganjar bikin judul. Tapi, omong-omong saya setuju sama MemSakri suaya judul buku diganti. Soalna kalau ucapan guru goblog jadi plesetan anak sekolah bisa berabe juga. Salam.

    BalasHapus